Skip to content

Silabus Komunikasi Multimedia

September 29, 2010

source:library.csun.eduMata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang komunikasi multimedia, khususnya dalam hal aplikasi. Pembahasan mata kuliah ini dititikberatkan pada pemanfaatkan multimedia untuk menunjang kegiatan public relations, sesuai dengan karakteristik pesan, media yang digunakan, maupun target audiens. Mata kuliah ini juga akan membahas interaksi dua arah dalam praktik public relations melalui media cyber untuk pencitraan maupun manajemen krisis, dengan studi kasus yang mengemuka di dunia bisnis.

================================================================

Mata Kuliah                   : Komunikasi Multimedia

SKS/ Smt                     : 2/ VII PR A & B

Dosen                          : M Badri, MSi

Email                            : negeribadri@gmail.com

DESKRIPSI PERKULIAHAN

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang komunikasi multimedia, khususnya dalam hal aplikasi. Pembahasan mata kuliah ini dititikberatkan pada pemanfaatkan multimedia untuk menunjang kegiatan public relations, sesuai dengan karakteristik pesan, media yang digunakan, maupun target audiens. Mata kuliah ini juga akan membahas interaksi dua arah dalam praktik public relations melalui media cyber untuk pencitraan maupun manajemen krisis, dengan studi kasus yang mengemuka di dunia bisnis.

TUJUAN

Setelah memahami materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki: (a) Mengetahui peran multimedia untuk menunjang komunikasi public relations; (b) Menganalisis perkembangan teknologi multimedia; (c) Menggunakan teknologi multimedia untuk kegiatan public relations.

METODE

Untuk mencapai tujuan sebagaimana digambarkan di atas, metode perkuliahan merupakan perpaduan antara metode ceramah dan diskusi, dengan metode analisis perkembangan multimedia dari teknologi hingga aplikasi. Secara khusus metode perkuliahan merupakan kombinasi dari:

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

SISTEM PENILAIAN

  • Mid semester                      : 35 %
  • Tugas Individu                     : 15 %
  • Akhir semester                    : 35 %
  • Tugas Terstruktur                 : 15 %
  • Kehadiran dan keaktifan di kelas juga menjadi pertimbangan dalam bobot penilaian

MINGGU KE MATERI POKOK BAHAN BACAAN
1 KULIAH PENDAHULUAN

  • Perkenalan
  • Penjelasan silabus
  • Membangun kesepahaman
1 – 8
2 TEKNOLOGI MULTIMEDIA

  • Sejarah multimedia
  • Definisi multimedia
  • Pentingnya multimedia bagi praktik PR.
5 , 6 , 8
3 PERKEMBANGAN MULTIMEDIA

  • Perkembangan teknologi multimedia
  • Multimedia bergerak
  • Multimedia mengubah wajah dunia
3 , 6 , 8
4 PERANGKAT MULTIMEDIA

  • Perangkat lunak
  • Perangkat keras
  • Multimedia berbasis internet
4 , 6 , 8
5 KONVERGENSI MEDIA

  • Pengertian konvergensi media
    • Perkembangan teknologi multimedia di era konvergensi.
    • Tantangan konvergensi media bagi praktisi PR.

3 , 8
6 APLIKASI MULTIMEDIA (1)

Presentasi Multimedia

  • Merancang konsep.
  • Merancang isi.
  • Membuat presentasi multimedia.

6 , 8
7 APLIKASI MULTIMEDIA (2)

Cyber Media untuk Menunjang Praktik Public Relations

  • Merancang konsep.
  • Merancang isi.
  • Membuat cyber media
6 , 8
8 UJIAN TENGAH SEMESTER Pertemuan

9 – 15

9 TEORI KOMUNIKASI DUNIA MAYA  (CYBER WORLD)

  • Konsep dasar dalam komunikasi digital.
  • Aplikasi teori-teori yang ada untuk komunikasi dunia maya
  • Teori dan riset baru yang ditujukan pada komunikasi cyber.
2 , 7 , 8
10 ONLINE PUBLIC RELATIONS

  • Perspektif baru PR online.
  • Kegiatan PR online.
  • Efektivitas PR online.
4 , 5 , 8
11 SOCIAL MEDIA

  • Perkembangan social media.
  • Praktik PR di era social media.
  • Keuntungan penggunaan social media bagi praktisi PR.
3 , 5 , 8
12 SOCIAL MEDIA

DAN PUBLIC RELATIONS 2.0

  • Pengertian dan tren PR 2.0
  • Mengelola publik secara interaktif.
    • Rahasia sukses berkampanye di situs jejaring sosial.
3 , 5 , 8
13 KRISIS KOMUNIKASI DI CYBER MEDIA

  • Pengertian krisis.
  • Fenomena komunikasi viral saat krisis di cyber media.
    • Identifikasi gangguan dan kesalahan di cyber media.
1 , 4 , 8
14 MANAJEMEN KRISIS DI CYBER MEDIA

  • Online crisis management.
  • Peran PR dalam masa krisis.
  • Strategi mengelola komunikasi saat krisis di cyber media.

1 , 4 , 8
15 KULIAH PENUTUP

  • Review dan evaluasi perkuliahan.
1 – 8
16 UJIAN AKHIR SEMESTER Pertemuan

9 – 15

LITERATUR/ BAHAN BACAAN

1.    Jurnal ISKI. 1998. Manajemen Krisis. Penerbit Rosda.

2.    Jurnal Komunikasi dan Informasi. 2006. Dunia Komunikasi Dunia Kita. Penerbit Fikom Unpad.

3.    Jurnal Obserasi. 2008. Mengejar Tren Konvergensi Media. Penerbit Simbiosa.

4.    Soleh Sumirat dan Elvinaro Ardianto. 2004. Dasar Dasar Public Relations. Penerbit Rosda.

5.    Suryadi. 2007. Strategi Mengelola Public Relations. Penerbit Edsa Mahkota.

6.    Suyanto. 2005. Multimedia. Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Daya Saing. Penerbit Andi.

7.    Warner J Severin dan James W Tankard. 2005. Teori Komunikasi. Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Penerbit Kencana.

8.    Sumber-sumber lainnya dari media massa dan website profesional yang relevan dan kredibel dengan materi perkuliahan.

About these ads
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: