Skip to content

Silabus Komunikasi Inovasi

September 7, 2008

KETERANGAN UMUM
Mata Kuliah : Komunikasi Inovasi
Beban SKS : 2
Semester : VI BR
Jadwal : Senin, Pukul 15.00 – 16.20 WIB
Dosen :Muhammad Badri, MSi
Nomor HP :0819 760 4143
Email :negeribadri@yahoo.com Weblog :http://negeribadri.blogspot.com
https://ruangdosen.wordpress.com

A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang kajian komunikasi inovasi. Pembahasan mata kuliah ini meliputi komunikasi proses penyebaran inovasi dalam sistem sosial masyarakat, serta hubungannya dengan perubahan sosial dan pembangunan.

B. Tujuan Perkuliahan
Setelah memahami materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan: (a) Menganalisis proses penyebaran inovasi, mulai dari aspek sumber, pesan inovasi, saluran komunikasi, pengguna inovasi, hingga efek yang ditimbulkan dalam sistem sosial masyarakat; (b) Menganalisis variabel-variabel pendukung dan penghambat aliran informasi inovasi di kalangan masyarakat pengguna; (c) Mendesain metode komunikasi dalam proses difusi inovasi.
C. Metode Perkuliahan
Untuk mencapai tujuan sebagaimana digambarkan di atas, metode perkuliahan merupakan perpaduan antara metode ceramah dan diskusi partisipatif dengan metode analisis fenomena komunikasi inovasi yang berkembang saat ini dalam bentuk makalah. Secara khusus metode perkuliahan merupakan kombinasi dari:
1. Ceramah
2. Diskusi partisipatif
3. Presentasi
4. Penugasan

D. Sistem Penilaian
Nilai akan diberikan dalam bentuk huruf A (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), D (Kurang), dan E (Gagal). Penilaian ditetapkan berdasarkan performance yang dicapai masing-masing mahasiswa pada komponen-komponen sebagai berikut:
1. Ujian tengah semester
2. Ujian akhir semester
3. Presentasi
4. Penugasan
5. Aktivitas mahasiswa selama proses perkuliahan

E.Rencana Materi Perkuliahan
Pertemuan I
Kuliah Pendahuluan:

  • Penjelasan silabus dan membangun kesepakatan
  • Urgensi penguasaan strategi dan teknik komunikasi inovasi bagi mahasiswa
  • Penjelasan konsep dasar komunikasi inovasi.

Pertemuan II
Komunikasi Inovasi dalam Perspektif Komunikasi Pemba-ngunan:

  • Pengertian komunikasi pembangunan
  • Perspektif komunikasi pembangunan
  • Strategi komunikasi pembangunan
  • Difusi inovasi dalam komunikasi pembangunan

Pertemuan III
Kontribusi Teori-teori Komunikasi dalam Komunikasi Inovasi:

  • Teori efek komunikasi massa: (a) Model Lasswell, (b) Komunikasi dua tahap dan pengaruh antar pribadi, (c) Uses and gratifications, (d) Teori uses and effects (e) Teori agenda setting, (f) Teori dependensi efek komunikasi massa, (g) Teori the spiral of silence, (h) Stimulus – respons, (i) Information seeking, (j) Information gaps, (k) konstruksi sosial media massa.
  • Saluran komunikasi: (a) Saluran interpersonal dan media massa, (b) Saluran lokal dan saluran kosmopolit.

Pertemuan IV
Sistem Sosial dalam Komunikasi Inovasi:

  • Agen pembaru
  • Opinion leader
  • Penerima inovasi

Pertemuan V
Saluran dan Struktur Sosial Komunikasi Inovasi:

  • Saluran komunikasi
  • Struktur sosial dan norma sistem
  • Homofili – Heterofili

Pertemuan VI
Dimensi Proses Keputusan Inovasi:

  • Keputusan inovasi opsional
  • Keputusan inovasi kolektif
  • Keputusan inovasi otoritas

Pertemuan VII
Sistem Adopsi Inovasi

  • Tahap adopsi inovasi dan faktor-faktor yang berpengaruh.
  • Peranan waktu dan kecepatan proses adopsi
  • Peran penyuluh dalam proses difusi inovasi

Pertemuan VIII
Ujian Tengah Semester (UTS)

Pertemuan IX
Komunikasi dan Perubahan dalam Pembangunan:

  • Mendefinisikan komunikasi dan perubahan
  • Fungsi komunikasi bagi perubahan
  • Faktor determinan komunikasi bagi perubahan (Faktor internal dan eksternal).

Pertemuan X
Pengaruh Komunikasi Inovasi terhadap Perubahan Sosial:

  • Sifat dan jenis perubahan sosial
  • Perubahan individu dan sistem sosial
  • Implikasi politis pada komunikasi inovasi

Pertemuan XI
Akibat Adopsi Inovasi:

  • Konsekuensi inovasi.
  • Tanggungjawab agen pembaru terhadap konsekuensi inovasi.
  • Elit penguasa dalam sistem sosial dan konsekuensi inovasi.

Pertemuan XII
Komunikasi Inovasi dalam Pembangunan Masyarakat Pedesaan:

  • Inovasi sebagai pesan dalam komunikasi pembangunan pertanian.
  • Pendekatan komunikasi dalam pembangunan masyarakat desa.
  • Difusi inovasi dan masalah kemerataan dalam pembangunan di pedesaan.

Pertemuan XIII
Komunikasi Inovasi dalam Perspektif Masyarakat Modern:

  • Perspektif teori modernisasi dalam komunikasi inovasi
  • Desain, teknologi dan gaya hidup sebagai inovasi masyarakat modern
  • Kontribusi siaran media massa terhadap adopsi inovasi di era globalisasi

Pertemuan XIV
Urgensi Komunikasi Inovasi dalam Bidang Dakwah/ Penyiaran:

  • Mengoptimalkan peran-peran media penyiaran
  • Teknik pengemasan pesan-pesan inovatif dalam penyiaran
  • Aplikasi komunikasi inovasi dalam bidang penyiaran agama, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pelayanan publik

Pertemuan XV
Kuliah Penutup:

  • Evaluasi metode dan materi perku-liahan
  • Evaluasi performance mahasiswa
  • Rekomendasi perbaikan kuliah

Pertemuan XVI
Ujian Akhir Semester (UAS)

F. Referensi/ Bahan Bacaan

  • Bungin, B. 2007. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana. Jakarta
  • Dilla, S. 2007. Komunikasi Pembangunan: Pendekatan Terpadu. Simbiosa. Bandung.
  • Levis, L. R. 1996. Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Citra Aditya Bakti. Bandung.
  • Nasution, Z. 2004. Komunikasi Pembangunan. Pengenalan Teori dan Penerapannya. Rajawali Pers. Jakarta.
  • Nurudin. 2005. Sistem Komunikasi Indonesia. Rajawali Pers. Jakarta.
  • Rogers, E. M (Ed). 1989, Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis. LP3S. Jakarta.
  • Rogers, Everett M. dan F. Floyd Shoemaker. Communication of Innovations. Terjemahan Abdillah Hanafi Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Usaha Nasional. Surabaya.
  • Rogers, E. M. 2003, Diffusion of Innovations: Fifth Edition. Free Press. New York.
  • Buku-buku lainnya yang relevan.
  • Sumber lain yang relevan dari jurnal, majalah, koran, internet, dll.
4 Komentar leave one →
  1. LEDY YANETRI permalink
    Februari 26, 2010 8:59 pm

    Waahh…
    Alhmdulillah..
    semester ini kita ketemu lagi pak..
    mdh2an ledy bs kembali menyerap ilmu yang di berikan dengan baik..
    Ammiinn…

  2. Maret 23, 2010 5:02 pm

    wahh mantab pak. bisa online gini liat silabusnya, coba aja semua dosen buat beginian.. pasti asik.. makasih pak

  3. hayatullah kurniadi permalink
    Maret 25, 2010 11:12 pm

    mantap pak skarang kami lg belajar komunikasi inovasi sama pak suardi……….

  4. nurul qalbi permalink
    Juni 19, 2010 8:54 am

    izin pak dosen baca silabus komunikasi inovasinya…moga saya semangkin termotivasi untuk belajar,semoga tuhan memberkahi kita semua amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: