Skip to content

Silabus Dasar Dasar Periklanan

Maret 15, 2010

sumber image:buyvintageads.com

Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi. Pembahasan matakuliah ini meliputi pengenalan dasar-dasar periklanan, mulai sejarah, konsep, proses hingga perkembangan periklanan modern. Kemudian dilanjutkan dengan praktikum pembuatan konsep iklan sederhana dalam bentuk cetak.

============================================================

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Jurusan/ Prodi             : Ilmu Komunikasi

Mata Kuliah                  : Dasar-Dasar Periklanan

Tahun/ Semester          : 2010/ 2

SKS                             : 2

Standar Kompetensi     : Mengetahui, Memahami dan Mengaplikasikan

DOSEN PENGASUH

M Badri, MSi

HP        : 0812 7627 2981

Email    : negeribadri@yahoo.com

Dyah Pithaloka, MSi

HP        : 085664439977

Email    : d_pithaloka@yahoo.co.id

DESKRIPSI MATA KULIAH

Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi. Pembahasan matakuliah ini meliputi pengenalan dasar-dasar periklanan, mulai sejarah, konsep, proses hingga perkembangan periklanan modern. Kemudian dilanjutkan dengan praktikum pembuatan konsep iklan sederhana dalam bentuk cetak.

TUJUAN PERKULIAHAN

Setelah memahami materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan: (a) Mengenal periklanan; (b) Memahami peran periklanan dalam dunia komunikasi; (c) Mengaplikasikan.

METODE PERKULIAHAN

Untuk mencapai tujuan sebagaimana digambarkan di atas, metode perkuliahan merupakan perpaduan antara metode ceramah dan diskusi partisipatif, dengan praktik penggunaan komputer jurnalistik. Secara khusus metode perkuliahan merupakan kombinasi dari: (1) Ceramah; (2) Diskusi partisipatif; (3) Penugasan, (4) Praktik.

MINGGU KE KEMAMPUAN AKHIR

YANG DIHARAPKAN

MATERI

POKOK

SUMBER BELAJAR
1 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PENJELASAN SILABUS

PENGANTAR PERIKLANAN

  • Pengertian Iklan
  • Sejarah periklanan
  • Fungsi dan tujuan periklanan
  • Advertising Agencies
3, 7,8
2 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan IKLAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN

  • Model Komunikasi Periklanan
  • Peran iklan dalam pemasaran
2, 6, 7,8
3 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan RAGAM PERIKLANAN

  • Pembagian Secara Umum
  • Pembagian Secara Khusus
  • Advertorial
7,8
4 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan IKLAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL

  • Pengaruh Ekonomi
  • Pengaruh Psikologis
  • Pengaruh Sosial Budaya
7,8
5 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan ETIKA PERIKLANAN

  • Etika dalam Periklanan
  • Menelaah Kasus Iklan Bermasalah
    • Iklan “Build In” dari Sudut Pandang Etika

2, 4, 5, 8
6 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan IDE DALAM PERIKLANAN

  • Dari Mana Datangnya Ide?
  • Melihat Kekuatan Local Idea
  • Manajemen Ide

3, 6, 8
7 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan VISUAL BRANDING

DALAM PERIKLANAN

  • Pengertian Visual Branding
  • Pentingnya Branding dalam Periklanan
  • Strategi Visual Branding
3, 6, 8
8 Evaluasi UJIAN TENGAH SEMESTER Pertemuan

1-7

9 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PERENCANAAN  IKLAN KREATIF (1)

  • Proses Perancangan Kreatif
  • Merancang Iklan Cerdas
2, 3, 6, 8
10 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PERENCANAAN  IKLAN KREATIF (2)

  • Copy Writing
  • Isi dan Struktur Pesan Keatif
2, 3, 6, 8
11 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan MEDIA PERIKLANAN

  • Below The Line dan Above The Line
  • Menentukan Khalayak Sasaran
  • Perencanaan dan Strategi Pemilihan Media Periklanan
2, 3, 6, 7, 8
12 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PRINT MEDIA

  • Media  Massa Cetak
  • Strategi Pemilihan Media Cetak
  • Out Door Advertising
  • Strategi Konten dan Konteks Out Door Advertising
2, 3, 6, 8
13 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan BROADCAST AND INTERACTIVE ONLINE MEDIA

  • Media Televisi dan Radio
  • Strategi Pemilihan Televisi dan Radio
  • Media Online dan Mobile
  • Strategi Pemilihan Media Online dan Mobile
2, 3, 4, 8
14 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan DESAIN DAN PRODUKSI IKLAN (1)

  • Pentingnya Komunikasi Visual dalam Produksi Iklan
  • Prinsip-Prinsip Layout Iklan
  • Bentuk-Bentuk Penyampaian Pesan  Iklan

1, 3, 6, 8
15 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan DESAIN DAN PRODUKSI IKLAN (2)

  • Proses Pembuatan Iklan Media Massa Cetak dan Out Door
  • Proses Pembuatan Iklan Media Broadcast dan Online
1, 3, 6, 8
16 Review Mendiskusikan Portofolio Iklan yang Telah Dibuat Mahasiswa
17 Evaluasi UJIAN AKHIR SEMESTER Pertemuan

9-16

SUMBER BELAJAR:

  1. Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andi.
  2. Idi Subandi Ibrahim. 2007. Kecerdasan Komunikasi. Penerbit Simbiosa.
  3. Jewler and Drewniany. 2001. Creative Strategy in Advertising. 7TH Edition. Wadsworth.
  4. Jurnal Observasi. Vol. 5 No. 2, 2007. Menyoroti Iklan Televisi. Penerbit BP2i.
  5. Louis Alvin Day. 2003. Ethics in Media Communication. 4TH Edition. Wadsworth.
  6. M Arif Budiman. 2008. Jualan Ide Segar. Galang Press.
  7. Rendra Widyatama. 2007. Pengantar Periklanan. Pustaka Book Publisher.
  8. Sumber lainnya yang relevan dari majalah dan internet, dan lain-lain.

15 Komentar leave one →
  1. boed permalink
    Mei 31, 2010 2:14 pm

    salam sejahtera.. saya seorang dosen. kebetulan semester ini saya mengajar visual ad. thx atas artikelnya. saya menggunakannya untuk mengajar di kelas. salam

    • ruangdosen permalink*
      Juni 1, 2010 3:10 pm

      Salah sejahtera juga…
      Silahkan digunakan untuk referensi. Semoga bermanfaat

      Salam🙂

  2. moh yahya mustafa permalink
    Oktober 11, 2010 7:14 pm

    asalamualaikum, mohon izin silabus ini menjadi bahan bandingan dalam penyusunan silabus di kampus kami faku ilmu komunikasi univ indonesia timur. semoga sukses selalu danmndapat rahmat dari Allah SWT.

    wassalam

    moh yahya mustafa

    • ruangdosen permalink*
      Oktober 12, 2010 11:48 am

      waalaikum salam. silahkan pak, semoga bermanfaat untuk kampus UIT. sukses selalu…

  3. tuti permalink
    Januari 4, 2011 1:52 pm

    Terima kasih kebetulan saya juga akan mengajar mata kuliah dasar-dasar periklanan…….di STISIP Muhammadiyah Madiun….saya mendapat banyak masukan dan referensi dari SAP ini…sekali lagi terima kasih

    • ruangdosen permalink*
      Februari 21, 2011 10:28 am

      TRims sudah berkunjung bu, smg bermanfaat….

  4. Januari 18, 2011 9:01 pm

    saya copas ya mas,,, untuk tugas… tx

  5. Ervan Aziz permalink
    Februari 19, 2011 1:03 pm

    Assalamualaikum..
    Yang terhormat Adm Ruang Dosen..
    Melihat dari materi dan Silabus yang termuat dalam ruang Dosen ini ternyata banyak sekali yang dapat bermanfaat bagi pembacanya. oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami meminta izin untuk memakai beberapa materi yang ada untuk penambahan materi pengajaran kami terhadap mahasiswa.. semoga segala ilmu nya dapat bermanfaat dan selalu mengalir Pahala buat Bapak dan Ibu… Terema kasih wassalam

    • ruangdosen permalink*
      Februari 21, 2011 10:29 am

      Silahkan pak, smg bermanfaat….

  6. Isbandi Sutrisno permalink
    Februari 22, 2011 11:36 am

    Silabus DD Periklanannya siip Pak, cuma tentang Riset Iklan dibahas di mana ya Pak? Terima kasih.

    • ruangdosen permalink*
      Februari 25, 2011 9:36 am

      Trims sudah berkunjung pak. Riset iklan di sini blm dibahas pak. Barangkali lebih baik kalau dibahas di metode penelitian periklanan. Tp usulnya baik sekali, mungkin bisa satu pertemuan membahas dasar riset periklanan. Salam…

  7. rachman salihul hadi permalink
    September 18, 2011 7:45 pm

    Terimakasih mas, bisa menjadi ref. untuk anak-anak periklanan..salam

  8. latutik permalink
    Februari 15, 2012 11:34 am

    Mohon ijin…. saya menggunakannya untuk referensi pengajaran mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan….. terima kasih

  9. R. Taufik permalink
    Mei 15, 2013 5:31 pm

    Mohon ijinnya. Referensi Bapak saya gunakan untuk perbandingan Silabus MK. Teknik periklanan yang saya ajar. Terimakasih. Salam. (Taufik-Bandung)

  10. riezma permalink
    September 19, 2013 5:21 pm

    alhamdulillah silabus ini juga bermanfaat buat tugas kuliahan saya yg berhubngan dengan Dasar-dasar Periklanan,,,,,terima kasih banyak
    semoga ilmu ini dapat bermanfaat buat semua x.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: