Skip to content

Ragam Periklanan

April 4, 2010

PEMBAGIAN SECARA UMUM

1. Iklan Tanggungjawab Sosial

  • Bertujuan untuk menyebarkan pesan yang bersifat informatif, penerangan, pendidikan agar membentuk sikap masyarakat sehingga bertanggungjawab terhadap masalah sosial
  • Iklan ini juga biasa disebut iklan layanan masyarakat

2. Iklan Bantahan

  • Iklan yang digunakan untuk membantah atau melawan atas sesuatu isu yang merugikan dan memperbaiki citra seseorang, perusahaan, atau merek yang tercemar.
  • Tujuannya; (1) mengeliminasi isu yang tidak menguntungkan, sekaligus meluruskan isu tersebut pada porsi yang benar; (2) mendapatkan perhatian publik; (3) membangun simpati khalayak terhadap perusahaan; membangun opini publik bahwa perusahaan berada pada posisi yang benar.

3. Iklan Pembelaan

  • Iklan pembelaan biasanya dikeluarkan oleh penasehat hukum perusahaan.
  • Biasanya berkaitan dengan hak paten.
  • Pokok materi yang diajukan untuk membela keberadaan barang, jasa, ide, atau gagasan tertentu dari klaim pihak lain.

4. Iklan Perbaikan

  • Memperbaiki pesan-pesan tidak tepat yang terlanjur dipublikasikan melalui media massa.
  • Biasanya berupa RALAT akibat kesalahan penulisan di media.

5. Iklan Keluarga

  • Isi pesan merupakan pemberitahuan tentang terjadinya peristiwa peristiwa kekeluargaan kepada keluarga atau khalayak lainnya.
  • Contohnya iklan duka cita, ucapan selamat pernikahan, selamat kelahiran, wisuda, dan sebagainya.

PEMBAGIAN SECARA KHUSUS

1. Berdasarkan media yang digunakan

  • Media cetak: pamflet, buletin, majalah, koran, tabloid, spanduk, baliho, balon udara, kemasan produk, dll. Bentuk iklan cetak dapat berupa iklan baris, iklan kolom, display, advertorial, jacket, dll.
  • Media elektronik: televisi, radio, internet: Bentuk iklan elektronik dapat berupa ad lib, spot, sponsor, running text, backdrop, caption, credit title, property endorsment, promo ad, live action, animation, stop action, still, musik, superimposed,dll.

2. Berdasarkan Tujuan

  • Iklan Komersial
  • Iklan Layanan Masyarakat

3. Berdasarkan Bidang Isi Pesan

  • Iklan Politik
  • Iklan Pendidikan
  • Iklan Kesehatan
  • Iklan Kecantikan
  • Iklan Pariwisata
  • Iklan Hiburan
  • Iklan Olah Raga
  • Iklan Hukum
  • Iklan Lowongan Kerja
  • Iklan Duka Cita
  • Iklan Perkawinan
  • Makanan/Minuman
  • Iklan otomotif
  • Lingkungan Hidup
  • Media

4. Berdasarkan Komunikatornya

  • Iklan Personal
  • Iklan Keluarga
  • Iklan Institusi

5. Berdasarkan Produk

  • Iklan Barang
  • Iklan Jasa
  • Iklan Barang-Jasa

6. Berdasarkan Khalayak Sasaran

  • Iklan untuk pengguna akhir
  • Iklan untuk distributor/ pengecer
  • Iklan untuk pabrik

7. Berdasarkan Cakupan

  • Iklan Lokal
  • Iklan Regional
  • Iklan Nasional
  • Iklan Internasional

8. Berdasarkan Fungsinya

  • Iklan Informasi
  • Iklan Persuasi
  • Iklan Mendidik
  • Iklan Parodi/ Hiburan

9. Berdasarkan Teknik Pendekatan Penyampaian Pesan

  • Pendekatan rasional/ logika
  • Pendekatan emosional
  • Pendekatan normatif/etis

ADVERTORIAL

  • Advertising + Editorial = Advertorial
  • Advertorial adalah iklan yang ditulis dalam gaya berita dan disajikan dalam format cerita dengan hedline dan kolom, namun tetap ditujukan untuk menjual atau mempromosikan suatu produk.
  • Biasanya di kolom ada kode ADVERTORIAL, PARIWARA, ADS, INFORIAL, dll untuk membedakannya dengan berita.

Beberapa Hal yang Menonjol

  • Advertorial adalah iklan yang digunakan untuk mempromosikan pandangan tertentu dari sponsornya.
  • Advertorial adalah bagian iklan khusus yang sengaja dirancang dan ditulis agar terlihat seperti publikasi media cetak dimana ia tampil.

Permasalahan Advertorial

  • Kecenderungan penulisan advertorial dianggap sama dengan berita.
  • Mengaburkan batas antara berita dan iklan, sehingga pembaca terjebak.
  • Bentuknya cenderung subjektif, pesannya tergantung komunikator.

Tren Advertorial

  • Akhir-akhir ini tidak hanya produk dan jasa yang diiklankan dalam bentuk advertorial. Tetapi parpol, calon kepala daerah, kepala negara dan politikus gencar mempromosikan diri melalui advertorial.
  • Media mulai ada yang menghilangkan batas antara berita dengan advertorial.

BAHAN BAKU:

  • Idi Subandi Ibrahim. 2007. Kecerdasan Komunikasi. Penerbit Simbiosa.
  • Rendra Widyatama. 2007. Pengantar Periklanan. Pustaka Book Publisher.
  • Beberapa sumber lainnya yang relevan

(Konten  ini merupakan handout materi perkuliahan Dasar-Dasar Periklanan pertemuan III. Dipublikasikan untuk keperluan belajar-mengajar dan sharing pengetahuan)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: