Skip to content

Silabus Seni Narasi dan Multimedia

September 29, 2010

source: zebrapr.netMata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang seni, narasi dan perkembangan multimedia khususnya dalam dunia periklanan. Mata kuliah ini akan mengkaji strategi kreatif dalam narasi verbal dan visual seperti aspek bahasa, semiotika dan estetika. Pembahasan mata kuliah ini dititik beratkan pada aspek naratif (cerita), sesuai dengan karakteristik pesan, media yang digunakan, maupun target audiens.

==============================================================

Mata Kuliah                   : Seni Narasi dan Multimedia
Beban Kredit                 : 3 (tiga) SKS

Dosen                          : M Badri, MSi

No Phone                     : 0819 760 4143

Email                            : negeribadri@gmail.com

Blog                             : https://ruangdosen.wordpress.com

DESKRIPSI PERKULIAHAN

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang seni, narasi dan perkembangan multimedia khususnya dalam dunia periklanan. Mata kuliah ini akan mengkaji strategi kreatif dalam narasi verbal dan visual seperti aspek bahasa, semiotika dan estetika. Pembahasan mata kuliah ini dititik beratkan pada aspek naratif (cerita), sesuai dengan karakteristik pesan, media yang digunakan, maupun target audiens.

TUJUAN

Setelah memahami materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki: (a) Mengetahui hubungan seni dan narasi serta perkembangan multimedia dalam periklanan; (b) Menganalisis karakteristik narasi pada iklan berdasarkan pesan, media yang digunakan, maupun target audiens; (c) Membuat narasi iklan yang kreatif dan efektif.

METODE

Untuk mencapai tujuan sebagaimana digambarkan di atas, metode perkuliahan merupakan perpaduan antara metode ceramah dan diskusi, dengan metode analisis perkembangan dunia periklanan dan multimedia. Secara khusus metode perkuliahan merupakan kombinasi dari:

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Penugasan

4. Presentasi

SISTEM PENILAIAN

  • Mid semester                      : 35 %
  • Tugas Individu                     : 15 %
  • Akhir semester                    : 35 %
  • Tugas Terstruktur                 : 15 %
  • Kehadiran dan keaktifan di kelas juga menjadi pertimbangan dalam bobot penilaian

MINGGU KE MATERI POKOK BAHAN BACAAN
1 KULIAH PENDAHULUAN

  • Perkenalan
  • Penjelasan silabus
  • Membangun kesepahaman
1 – 12
2 SENI DAN NARASI

  • Pengertian seni dan narasi.
  • Peran seni dalam periklanan.
  • Hubungan seni, alam dan masyarakat dalam konteks periklanan.
9, 11, 12
3 NARASI VISUAL DALAM PERIKLANAN

  • Hubungan seni dan narasi visual .
  • Narasi visual dalam iklan.
9, 11, 12
4 MANUSIA, BAHASA DAN KOMUNIKASI

  • Memahami bahasa.
  • Bahasa sebagai alat Komunikasi.
  • Kesesatan bahasa.
  • Bahasa sebagai realitas sosial iklan.
2 , 3 , 12
5 NARASI VERBAL DALAM PERIKLANAN

  • Dunia keajaiban kata
  • Efektivitas kata
    • Makna kata

1 , 2, 12
6 SEMIOTIKA KOMUNIKASI PERIKLANAN

  • Pengertian semiotika
  • Semiotika komunikasi visual
  • Semiotika dalam periklanan
2,10,12
7 MULTIMEDIA PERIKLANAN

  • Pengertian dan perkembangan multimedia
    • Konvergensi media.
    • Periklanan multimedia.

1 , 2, 8, 12
8 UJIAN TENGAH SEMESTER Pertemuan

2 – 7

9 KREATIVITAS DALAM PEMBUATAN NARASI IKLAN

  • Kreativitas Sebagai Modal Dasar
  • Sumber Kreativitas
  • Copywriting Kreatif
1 , 5 , 6 , 7 , 12
10 NARASI IKLAN MEDIA CETAK

  • Karakteristik Media Cetak.
  • Karakteristik Audiens Media Cetak.
  • Narasi teks dan visual.
1 , 4 , 5 , 6 , 11, 12
11 NARASI IKLAN MEDIA AUDIO

  • Karakteristik Media Audio.
  • Karakteristik Audiens Media Audio.
  • Narasi teks dan imajiner.
1 , 4 , 5 , 6 , 11, 12
12 NARASI IKLAN MEDIA AUDIO VISUAL

  • Karakteristik Media Audio Visual.
  • Karakteristik Audiens Media Audio Visual.
  • Narasi teks dan visual
1 , 3, 4 , 5 , 6 , 11, 12
13 NARASI ADVERTORIAL

  • Pengertian Advertorial.
  • Iklan dengan format naratif.
  • Narasi teks dan visual.
1 , 4 , 12
14 NARASI IKLAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN GADGET.

  • Karakteristik Audiens Multimedia.
    • Narasi teks dan visual.
1 , 5 , 8 , 11, 12
15 KULIAH PENUTUP

  • Pembahasan portofolio mahasiswa
Portofolio
16 UJIAN AKHIR SEMESTER Pertemuan

9 – 15

LITERATUR/ BAHAN BACAAN

1.    Agustrijanto. 2006. Copywriting. Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Penerbit Rosda.

2.     Alex Sobur. 2004. Semiotika Komunikasi. Penerbit Rosda.

3.     Burhan Bungin. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Penerbit Kencana.

4.     Idi Subandi Ibrahim. 2007. Kecerdasan Komunikasi. Penerbit Simbiosa.

5.     Jewler and Drewniany. 2001. Creative Strategy in Advertising. 7TH Edition. Published by Wadsworth.

6.     Morissan. 2010. Periklanan. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penerbit Kencana.

7.     Rd. Soemanagara. 2006. Strategic Marketing Communication. Penerbit Alfabeta.

8.     Jurnal Observasi. Vol. 6 – 2008. Mengejar Tren Konvergensi Media. Penerbit Simbiosa.

9.     Dharsono. 2003. Tinjauan Seni Rupa Modern. ISI Surkarta.

10.  Sumbo Tinarbuko. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Jalautra.

11.  Tim Penulis Prodi DKV ISI FSR ISI Yogyakarta dan Studio Diskom. 2009. Irama Visual; Dari Toekang Reklame Sampai Komunikator Visual. Jalasutra.

12.  Sumber-sumber lainnya yang relevan.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: